Keuntungan dan Kerugian Tour Travelling | WaLkin' With You...
 
 
 
Copyright © WaLkin' With You...
Design by Dzignine
Friday, August 10, 2018

Keuntungan dan Kerugian Tour Travelling

Halo semua, balik lagi dengan tulisan yang niatnya mau berusaha konsisten untuk nulis dengan konten travelling, doain ya para pembaca, lagi agak vakum dari kesibukan dunia sehingga punya waktu untuk blogging :p

Topik kali ini masih di konten yang sama yaitu penulis mau ngebahas serunya travelling dengan ikut tur, dari sisi plus dan minusnya, well dalam setiap keputusan yang diambil akan selalu ada sisi pro dan kontranya (cie, lagi bijak :p). Penulis akan ngebahas dari sisi keuntungan dulu, eh kerugian dulu deh, karena penulis suka save the best for the last. So, check it out ya guys, here we go!

1. Cape fisik aja
Kenapa fisik aja? Bagi yang pernah ikut tur pasti tau gimana capeknya ngikutin jadwal tur yang padat banget dari pagi sampai malam, bahkan kadang-kadang demi pindah lokasi yang oke, subuh-subuh banget kudu bangun buat check out dan akhirnya habisin waktu di bis untuk tidur – yang kadang ga semua orang bisa pelor (nempel molor), untuk orang seperti itu penulis termasuk yang susah tidur dengan cepat, huff. Atau sebaliknya, bisa sibuk ke sana sini sampai larut malam banget jadi ga sempet nikmati hotel yang bagus, pulang-pulang berasa banget badan pengen cepet nempel kasur.

2. Biaya tidak sesuai janji
Ini kebiasaan yang sering bahkan kayaknya uda berusaha dimengerti oleh apra traveller, imho ya pengalaman di tur Indonesia itu pas lihat iklannya di koran misal per orang kena 20 juta, begitu cek ke website resminya 25 juta, begitu coba telepon ke CP turnya tau-tau uda 30 juta belum lagi ditambah biaya tour guide dan biaya tambahan masuk suatu arena, dll, dll. Duh, males banget – ngeselin sih kadang, maap penulis baper.

Actually bukan keberatan di masalah biaya, cuma kadang traveller itu begitu bayar lunas di muka, pengennya pure jalan-jalan dan nikmati apa yang uda dibayar tambah embel-embel lagi, kan uang lebihnya bakal dipake buat belanja, kalo masalah tips guide sih penulis no problem ya, it’s a common thing.

3. Membosankan
Ini adalah reason yang belum tentu semua orang setuju, kadang acaranya gitu-gitu aja: makan-jalan-makan-jalan-makan-jalan-belanja-pulang-tidur, gitu terus, jadi sedikit membosankan. Terkadang mungkin bakal jarang nemuin sesama anak muda karena biasanya yang rajin ikut tur gitu adalah para orang tua yang emang males rempong urus sana-sini dan cuma mau terima jadi dan beres aja. Tidak menutup kemungkinan bisa ketemu sama sesama anak muda yang pasti lagi jalan sama orang tuanya juga, tapi peluangnya sedikittt.

Membosankan di sini bisa juga dalam arti menunggu, misal nih kamu adalah karyawan yang bakal pergi demi ngabisin cutimu yang bukan high season, kamu bisa nunggu entah sampai kapan kuota akan penuh sembari berharap-harap cemas perjalanan tidak dibatalkan karena uda bayar dan emang niat mau abisin cuti. Ide bagusnya adalah kalo kamu bisa boyong keluarga besarmu yang se-RT (lebay) dan langsung bisa nutupin kuota yang ada atau sisa kuota yang mungkin cuma perlu 10/15 orang.

4. Tidak sesuai keinginan
Bukan lagi nyalahin tur, based on writer’s experiences yang ga banyak, kadang suka diajak ke tempat yang kita ga mau, bahkan ga terpikir, penulis ngalamin waktu pergi ke daerah-daerah di Tiongkok (kalo mau ngelilingi seluruh kota di Tiongkok ga bakal cukup pergi sekali aja kan), kamu biasanya dan hampir selalu pasti (lebay :p) diajak mengunjungi entah toko sutera, toko giok, toko teh, toko pisau, atau toko apa pun – kadang agak kasar karena kesannya kita dipaksa untuk beli produk mereka, sampai memohon untuk beli karena mereka dapat target untuk berhasil menjual. Akhirnya dalam suatu tur kita 1 rombongan pernah sepakat buat ga beli apa pun karena ngerasa diperas dan ada 1 kepala geng yang bilang ke guide kalo tujuan jalan-jalan itu buat have fun dan belanja yang emang sesuai keinginan sendiri bukan based on torture.
Coba bayangin, ga minat ke sini tapi diajak ke sini T_T
Pernah juga turnya membawa kita ke sinshe-sinshe gitu dan bilang kalo Papa kena suatu penyakit di hatinya dan dipaksa beli obat yang kemasannya menarik, kayaknya kalo ga nahan berasa kayak dihipnotis gitu. Akhirnya aku malah berantem sama dokter dengan bahasa Mandarin karena dia ngerasa aku lagi cegah papa buat beli obat itu, papa akhirnya beli obat itu terus aku bilang pasti ga diminum dan voila sampai detik ini masih ada di lemari atas tempat tidur dan tidak dimakan sama sekali, dijadiin pajangan aja. It happened in 2011 and it cost 5 millions, duh emosi kalo inget kejadian itu, walo masih kecil berasa banget jiwa ga mau dikibulinnya.

5. Waktu tidak bebas dan terbatas
This is the very main reason why i stop from joining tour in travelling around the world, ga betah banget sama aturan waktu yang serba dibatasin, misal penulis yang lagi travelling liat keajaiban dunia di Tiongkok, salah satunya The Great Wall. Baru aja sampe di sana, guidenya langsung bilang waktunya 40 menit ya untuk foto-foto dan jalan-jalan di sekitar sini, ga usah jauh-jauh. Whot??? Apa yang mau dipanjat kalo cuma segitu, baru juga sampe di undakan pertama, uda keburu habis waktunya, belum lagi sesi foto-foto yang banyak gaya dengan berbagai sudut. Ah, males!

Oke, penulis sudah jabarkan dengan lengkap ruginya travelling dengan tur based on my own experience. Sekarang kita lanjut yuk ke hal-hal positif dari ikut tur, ga adil kan kalo kita cuma ngebahas sisi negatifnya, so here we go again dudes!

6. Bisa nambah paket wisata
Nah, ini yang emang mungkin ga semua tur bisa ngelakuin, kadang bisa depends dari kekompakan orang-orang yang join di tur itu. Berdasarkan cerita mama, ternyata dia bisa ganti rute perjalanan yang tadinya berkunjung ke kota A menjadi kota B karena ternyata orang-orangnya uda pada pergi ke kota A dan pada sepakat untuk ganti rute, jadilah diganti kota B. Pasti langsung mikir, kalo uda tau ada kota A ngapain dipilih? Nah, kadang pilihan tur kan ga banyak ya, jadinya suka milih yang hampir mendekati sempurna (keinginan pribadi) dengan ngorbanin  kota lain yang ada dalam daftar kunjungan yang mungkin uda pernah dikunjungi J

7. Dapat temen baru
Ini kebalikan dari alasan di atas ya, kalo kita dapet grup yang isinya ada anak muda alias ga cuma orang tua. Kamu bisa berkesempatan untuk kenalan dan memperluas jaringanmu :p
Tapi tanpa mengdiskreditkan orang tua ya, jangan salah lho, kadang mereka bisa lebih gahul dan asik daripada kita yang masih muda ini karena mereka para ortu kece yang berjiwa muda.
Salah satu foto grup waktu ikut tur Malaysia
Penulis pernah dapat temen-temen tur dari Malaysia (waktu itu join tur di sana) dan akhirnya sampe tukeran nomor telepon bahwa kapan-kapan kalo main ke Jakarta bakal dikunjungi dan seterusnya. Nah para ortu itu malah lebih asik karena biasanya habis penulis fotoin mereka dengan berbagai gaya, mereka bakal giliran nanyain mau difotoin ga? Well, well, tentu kesempatan yang akan dilewatkan oleh penulis, haha #evillaugh

8. Ga repot
Buat kalian semua yang ga suka segala kerempongan dan keruwetan hidup dalam nyusun itinerary kalo mau bertualang sendiri, joining a tour memang the best choice sih. Oh, ada opsi lain, kalo kamu bisa punya temen yang emang ga suka diganggu pas nyusun itin, jadi sumbangsih kamu cuma doa, basa-basi nanya “ada yang bisa gue bantu ga?”, sisanya tinggal sabar dan nunggu jadi aja, haha.

Dengan ikut tur, kamu cuma perlu ngeluarin duit di awal dan duduk manis tunggu HP kamu berbunyi untuk infoin jadwal tiket – tambahan biaya (jika ada) – uda terisi penuh ato belum kuota turnya – packing baju-baju cantik dan kece untuk foto sesuai musim jangan lupa – siapin kamera, powerbank, apapun itu, hehe.

9. Lebih teratur
Mirip-mirip sama no. 8, kalo kamu termasuk orang yang males mikir, tur itu udah bantuin kita susun itin dengan kota-kota yang sejalan. Maksudnya gimana? Kalo misal nih kalian mau ngunjungin kepulauan Taiwan, pasti pertama bakal bingung – mau dari mana dulu ya, sisi utara atau selatan, pas buka peta bukan nemu pencerahan, malah tambah bingung. Nah, dengan ikut tur segala hal kayak gitu uda ga perlu kalian pusingin lagi, duduk, bayar, terima beres, dan tunggu jadwal keberangkatan aja.

10. Budget bisa diatur
Nah, ini balik lagi kepada ‘kecerdikan’ masing-masing orang dalam pilih agen tur terpercaya dan ga nipu-nipu alias ga malakin biaya tambahan di tengah-tengah tur uda jalan. Hayo ngaku, siapa yang suka manyun kesel sendiri kalo tau-tau ada biaya tambahan yang bahkan ga diinfoin dari pertama kalian bayar lunas di muka tur tersebut? Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih tur terbaik yang emang sesuai dengan harga yang di-state pada brosur, biasanya sih tur yang uda punya nama, tapi ga boleh mengecilkan yang baru berusaha juga alias tur yang masih bayi atau bocah, mereka juga ga kalah bagus. Intinya sih banyak nanya dan browsing aja seputar pengalaman orang-orang yang sering ikut tur dengan agen yang berbeda-beda.

In the end, penulis mau ngasi tau bahwa untuk negara-negara tetangga macam Singapura dan Malaysia biasanya penulis ga pake tur alias jalan sendiri, lebih bebas dan asik. Sisanya menggunakan tur berbayar, namun alasan penulis membelot dan kapok ikut tur salah duanya adalah alasan no 4 dan 5, penulis ga suka dipaksa membeli sesuatu yang ga disuka, bahkan pernah dilarang pergi ke WC karena nolak beli teh Tiongkok yang katanya usianya udah ratusan tahun.

Kebebasan waktu adalah alasan utama yang penulis rasakan ketika nyusun itin dan berhasil merealisasikan itin tersebut jadi kenyataan, rasanya puas banget bisa main di suatu tempat tanpa denger toa si guide yang bilang, “Ayo balik ke bis karena waktunya udah habis”. Penulis suka ngerasa waktunya yang diberikan terlalu maksa dan dikit, padahal belum sempet ngapa-ngapain, apalagi kalo lagi hunting oleh-oleh buat keluarga dan temen-temen.

Well, semua plus minus yang dijabarkan di atas murni berdasarkan pengalaman penulis sendiri, tanpa ada paksaan dari siapa pun, jika ada kesamaan rasa dan kondisi harap dimaklumi ya #ciesinetronabiss
Di postingan berikutnya, penulis akan berbagi suka dukanya travelling dengan itinerary sendiri. Nah, sekarang gantian penulis yang nanya, “Kamu lebih suka ikut tur ato nyusun itin sendiri? Kenapa?” Give your answers below ya ^^

0 komentar:

Post a Comment