8 Tips Menyusun Itinerary Travelling Sendiri | WaLkin' With You...
 
 
 
Copyright © WaLkin' With You...
Design by Dzignine
Friday, August 17, 2018

8 Tips Menyusun Itinerary Travelling Sendiri

Hi, back again with me, setelah kemarin aku sempet sharing mengenai asiknya travelling dengan tur di sini dan betapa serunya nyusun itin sendiri di sini. Nah, kalian pasti penasaran kan apa yang menjadi keputusanku kemudian? Duduk ongkang-ongkang kaki sambil ikut jadwal tur atau duduk berjam-jam bahkan berhari-hari demi nyusun itin ideal agar travelling ala aku berhasil; pilihannya adalah....... jeng, jeng, jeng.. (norak)..

Of course, without any hesitation, dengan segala kesungguhan dan kesanggupan hati, aku memilih jalur travelling dengan nyusun itin sendiri? Why, oh why? Mulai deh pembaca protes pas lagi inget-inget susahnya nyusun itin sendiri. Cuma ada 3 alasan utama kenapa aku membelot dari rombongan tur yang menurutku super nyaman.

One, freedom. Yap, aku bebas tidak terkekang oleh toa si guide yang selalu countdown tinggal berapa menit lagi waktu yang tersisa untuk menikmati dan explore tempat wisata yang baru. Ngerasa ga asik banget waktu ke Great Wall, menurutku itu sangat outstanding! Tapi aku cuma dikasi waktu 40 menit, bukan salah guide-nya, cuma jengkel aja tempat segitu keren dan bagusnya cuma 40 menit, ga rela, bener-bener ga rela.

Two, a dreamer. Pemimpi yang bukan berarti tukang mimpi, tapi lebih ke gini contohnya, "bisa ga ya ngelilingin 1 pulau Taiwan?" atau "bisa ga ya dapet 3 negara sekaligus?". Bukan rakus ya tapi bersemangat menjelajahi banyak tempat karena aku bukan tipe orang yang kalo liburan cuma 3 atau 5 hari. As a worker, cutiku ga sebanyak guru atau entrepreneur, jadilah tiap liburan Lebaran, pasti akan selalu pergi travelling, waktunya bisa sekitar 2 minggu lebih. Waktunya bakal klop sama sodara yang juga a worker, jadi ga remps dan cuma motong cuti dikitt alias bisa hemat cuti.

Rasanya mungkin kayak gini nih :p
Three, super proud. Jujur aku ngerasa bangga kalo berhasil nyelesaiin itin dengan penuh rasa di dalamnya (lho, maksudnya?). Maklum hobinya berfilosofi, jadi gini di dalam penyusunan itin dan pelaksanaannya selalu ada suka dukanya, kadang berhasil, kadang juga gagal T_T tapi hati ini puas karena pas ngalamin bersama-sama alias ga sendiri. Ada rasa bersyukur dan sukacita waktu rombongan yang nebeng travelling puas dan kasih senyum atau angkat jempol ke kita (macem mau ngomong well done gitu, walopun ga diucapkan secara langsung sih >,<). Btw, pernah lho dititipin salam sama temen punya temen lagi waktu share itin Korea, "temen lu keren banget deh buat itinnya lebih detil daripada tur Koreanya, asli!" (ga bermaksud sombong :p).

Nah, pertanyaan berikutnya yang muncul kalo kalian uda mulai tergiur dengan 3 alasan di atas (ato belum?), gimana nih caranya biar jago nyusun itin kayak aku? Eh bukan, kayak aku deh, tapi kayak temen2 yang emang hobinya backpacker-an. Sekali lagi netizen dilarang nyinyir karena ini lapak saya tentu tips yang dibagikan adalah tips murni dari aku sendiri sebagai penyusun itin travelling sejati, ciee.. Here we go!

1. Jangan males!
Jangan pernah mimpi bakal jago nyusun itin kalo kamu pemalas, bangun, jadilah rajin dan belajarlah dari teladan si semut (eh, salah, keterusan :p)
Sebagai seorang itiner (biar gampang disebut gini aja ya), kalian harus rajin cari beragam informasi dan rajin compare dari satu hal dengan hal lainnya. Contoh untuk pencarian tiket pesawat; daripada repot buka banyak aplikasi, sekarang bisa terus dipantau dengan Sk*scan*er di mana kita bisa set notif untuk waktu penerbangan yang diinginkan, mau naik pesawat apa, dengan transit ato ga, termasuk budget harga.

2. Jangan malu bertanya!
Beranikan diri untuk bertanya di forum backpacker/blog/media apa pun mengenai informasi yang kalian pengen tau tapi ga bisa nemu setelah ALL OUT googling dan emang cuma bisa didapet sama orang yang uda pernah berkunjung ke sana. Fyi, aku pernah nanya alias SKSD dengan PM orang melalui facebook tentang tujuan wisata karena emang info yang didapet tentang tempat itu minim banget dan ini cukup banyak aku lakukan ketika aku nyusun itin ke Taiwan ('til now this is the hardest one!). Ingat ya! Jangan menanyakan suatu hal yang biasa dan jawabannya bisa kita cari dengan mudah di google. 

3. Jangan cepet nyerah!
Seorang itiner harus pantang nyerah, why? Karena di tengah perjalanan nyusun itin, kamu bakal sering banget nemuin banyak hal yang buat kamu mau nyerah aja, "tar deh liat di sana aja, tar deh di sana aja baru tanya orang", nah ini nih! Mentalnya kurang kuat, kok lebay sih kayaknya sampe jangan cepet nyerah? Soalnya nyusun itin itu emang cape banget, apalagi buat tempat yang supeer baru dan kita asing sama tempat itu, ini beda ya dengan negara tetangga seperti Singapura ato Malaysia, yang emang modal mulut aja juga uda cukup.

Cara motivasi diri buat ga nyerah pas nyusun itin adalah inget bahwa ini demi travelling yang bakal terlaksana, jadi susunlah dengan sedetil mungkin, biar di sana ga perlu remps nanya-nanya orang, tinggal jalan dan ikutin alur itin kita aja, hehe.

4. Jangan manja!
"Mau nanya dong ada promo tiket pesawat murah Jkt-Bali ga ya? Kalo ada info ya.."
"Gue baru pertama kali ke Sing nih, gimana ya cara naik MRT waktu sampai di sana?"
"Bulan depan bakal ke Jepang pertama kali nih, kira-kira aku harus main ke mana aja ya?"
Duh, gemes maksimal! Sori ya tanpa bermaksud nyinyir ato nyindir siapa pun, kadang suka kesel sama tipe orang kayak gini; yang menyebut dirinya adalah backpacker (keliatan uda pro) tapi kok masih nanyain hal yang "cupu" macem gini, jangan manja pliss!

Kalo mau jadi itiners sejati, stop kebiasaan nanya pertanyaan cupu dan ga jelas macam itu, sebagai traveller yang aku anggep harusnya rajin dan ulet, pertanyaan terlalu dasar di atas harusnya ga perlu dilempar ke forum ato ditanyain ke publik karena semua jawabannya bisa kamu temuin dengan satu jawaban, yap.. GOOGLING!

Bahkan di forum backpacker mana pun yang kalian ikuti, please latihlah dirimu untuk browsing sebelum nanya, sekarang teknologi makin mudah, udah bisa pake hashtag (tanda #) untuk mempermudah pencarian kamu. Tentukan destinasi yang dituju, misal Jepang itu kan kecil, musim apa dulu yang kalian mau incar, lalu kota apa aja, liat ke peta rutenya, cocokin ke web pencarian tiket pesawat, dan lain-lain.

So, please stop asking the super cupu questions like that at forum ya, kecuali emang kalian males atau emang ga nemu jawaban setelah googling dan usaha pencarian lainnya, ini menurutku ya, inget no hurt feeling! ^^

5. Jadilah orang yang detil!
Ini balik lagi ke tipe itiners macem apa yang kalian mau lakuin, ada orang yang males terlalu detil tapi ada juga yang pengen detil karena ga mau direpotin dengan berbagai macem hal pas sampe di tujuan, alias maunya nyantai dan ngikutin perencanaan yang uda dibuat. Aku termasuk tipe yang ke-2, tipe yang detil bahkan super detil saat buat itin, bukan buat maksa orang supaya ngikutin jadwalku sih, tapi lebih ke "pokoke ga mau rempong pas sampe sana, maunya tinggal santai ikutin jadwal yang uda disusun". Kenapa? Terkadang perbedaan bahasa bisa jadi salah 1 yang menghambat, kecuali kalian emang bisa beragam bahasa ya, kalo aku bisanya Inggris sama Mandarin dan syukurlah di Korea emak-emak jadul bisa Mandarin, kadang kalo mandek, bisa nanya emak-emak karena bahasa inggris mereka ya ampunn T_T




6. Pinter ngatur waktu!
Nah ini perlu banget secara hidupku ga cuma isinya travelling tapi juga kerja cari duit demi bisa wujudin tuh mimpi, haha. Harus bisa atur waktu pas ngantor ya direm tangannya buat nyari promo seputar tempat wisata, tapi bisa kita akalin pas break lunch sambil browsing.

Terkait penyusunan tempat wisata juga perlu cermat, kita wajib browsing untuk tahu kira-kira perlu waktu berapa lama untuk ngabisin waktu di 1 tempat wisata, jangan kelamaan jangan kecepetan juga, pas-pas aja. Penting juga untuk tau jarak berkendara dari 1 tempat ke tempat berikutnya supaya ga salah perhitungan waktu.

7. Jadilah orang yang realistis!
Jangan maruk pliss! Tau sih kadang kita super excited ketika mau ngunjungi 1 tempat baru, rasa-rasanya semuanya pengen didatengin biar feed instagram rame dan seru, lumayan kan banyak yang nge-like (nah lho, ngaku siapa yang kayak gitu :p), tapi kita harus jadi orang yang realistis.

Contoh realistisnya gini, aku ga pernah nempatin 3 tempat wisata ketika hari itu akan pergi ke wahana bermain (maksimal 2). As we know, Disneyland pasti bakal makan waktu seharian, jadi jangan maruk dengan nempatin 2 tempat lain yang hendak dikunjungi, kecuali emang berencana ga sampe malem main di situ. Tapi jujur deh, mostly kalian bakal nungguin sampe fireworksnya nongol ga sih? (itu sekitar jam 11an malem lho).

Contoh lain deh, abis ngunjungi suatu tempat di utara mau ke selatan padahal makan waktu 3 jam di jalan, sekali lagi, yakin? Emang bisa? Terkadang ambisius dalam nyusun itin gak apa sih, tapi balik lagi ke judul nomor 7, be a realistic one! ^^

8. Know your customer!
This is super important for me, mungkin bakal beda sama orang lain tapi ini prinsip yang aku pegang. Contoh kalo aku travelling sama orang tua, ga bakalan buat mereka jalan naik 1 bis ke bis lain (kalo MRT masih mungkin), aku akan berusaha buat mereka senyaman mungkin. Waktu travelling ke Taiwan kemarin, lebih banyak sewa mobil seharian karena emang rutenya rumit dan transportasinya belum semudah Singapura.

Beda lagi kalo sama temen se-geng alias sepermainan, kalo misal mau sewa mobil rame-rame oke, mau jalan kaki juga oke, mau naik bis ato train juga boleh. Apa aja yang penting ga memberatkan pihak mana pun. Tentuin di awal juga, lebih hobi ke mana, ada yang demen tempat kuno macem aku :p ada juga yang hobinya shopping, disesuaikanlah waktunya, jangan tiap hari shoppin terus ato sebaliknya.

Terkadang kalo pergi sama temen yang baru, kita perlu sepakatin dulu beberapa hal sesuai batas toleransi kita, misal kalo cari kamar yang ada kamar mandi dalam (ada yang oke tapi ada juga yang bodo amat - yang penting gue mandi), ada juga yang enggan berbagi kamar sama backpacker lainnya karena takut susah jagain barangnya. Oke, be flexible aja sesuai standar kalian masing-masing, balik lagi ke batas penerimaan kalian masing-masing kuatnya sampai sejauh mana ^^

Semua balik lagi ke preferensi masing-masing orang, oh iya ada 1 hal lagi yang aku yakini tapi ga aku masukin sebagai tips di atas, sengaja ga aku masukin karena aku rasa belum tentu sama standarnya yaitu "pilih-pilih temen saat travelling". Why? Karena kita bakal ngabisin waktu lama sama mereka, jangan travelling sama orang yang ga cocok sama kamu, percaya deh bakal ngabisin waktu buat nyocokin bahkan kadang bisa berantem gara-gara ngerasa fotonya diambil lebih banyak daripada si dia (haha, childish banget ya, ini pengalaman dari denger cerita orang, bukan pengalaman pribadi). Ada juga lho bahkan yang habis travelling jadi musuhan alias set standar kayaknya emang ga cocok kalo travelling sama dia. Basicly aku kurang cocok jalan sama yang manja dan banyak maunya, ini paling rese dan pengen didepak dari kumpulan, haha!

Gimana guys setelah aku infoin 8 tips untuk jadi itiners, apakah makin bersemangat atau makin ngerasa better gua ikut tur aja? :p
Percayalah, asik banget kalo uda jadi seorang itiner dan lebih puas lagiii kalo kita berhasil jalanin hari per hari waktu travelling sesuai itin yang uda kita persiapkan. Pilihan apa pun, aku mau ajak kalian untuk terus dan tetap rajin travelling ya, keep struggling! ^^

4 komentar:

  1. enak bikin itin sendiri sih, ada seru-serunya gimana gitu :D.

    Btw, aku nulis juga tentang panduan menyusun itinerary

    Siapa tahu juga bermanfaat :)

    Salam kenal

    ReplyDelete