Keuntungan dan Kerugian Travelling dengan Itinerary Sendiri | WaLkin' With You...
 
 
 
Copyright © WaLkin' With You...
Design by Dzignine
Saturday, August 11, 2018

Keuntungan dan Kerugian Travelling dengan Itinerary Sendiri

Hai semuanya, gimana kabarnya di weekend ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat travelling ya. Menyambung topik yang telah dibahas kemarin mengenai untung rugi ikut tur yang bisa kalian baca di sini, kali ini aku akan ngebahas mengenai untung rugi alias pro cons travelling with our own itinerary. So kita akan mulai dengan consnya dulu ya because you know what kind of person i am, here we go!

1.  Cape fisik dan mental
Jangan tanya lagi seberapa capeknya nyusun itin, let me tell you! It's a superb, maksudnya adalah super duper capek. Kamu harus pinter bagi waktu antara kerjaanmu/kuliahmu sama kegiatan ekstra aka nyusun itin yang emang makan waktu banget, bijak-bijak atur waktu, contoh ya: lebih milih scroll posting-an lamb* t*rah di IG ato scroll aplikasi travel*ka demi nyari promo yang aduhai? Nah, kalo istilah kerennya sih not wasting time.

2. Kudu super ekstra sabar dan ulet
Percaya deh kamu harus super ekstra sabar kalo lagi nyusun itin, based on mine: misal nih waktu uda nentuin ke Taiwan, mau mulai searah jarum jam atau berlawanan. Abis mutusin dan browsing mau searah jaruh jam, eh ternyata kok susah ya rutenya, akhirnya terpaksa ganti rute. Ada yang salahkah? Nope, tapi percayalah there is no growth in comfort zone (Cie, bijak :p). 

Ulet - kamu harus super rajin untuk bandingin harga tiket pesawat dari hari ke hari, terutama untuk aku yang emng selalu jalan-jalan ngambil libur panjang (Lebaran, makin ke sini makin banyak liburnya kan :p). Nah, harga tiket pesawat pas high season itu najubile mahalnya ampun deh, padahal cuma naik Singa T_T

Uletnya juga dalam nyari promo tiket wahana, misal kalo kamu pake klo*k, eh sekarang travel*ka juga hadirin promo, bingung kan mau pilih yang mana, hehe. Biasakan pura-pura selesaikan transaksi sampai mau bayar ya, soalnya kadang harganya bisa nambah sendiri.

3. Emosi-an aka baper-an
Nah, ini berlaku buat kondisi tertentu aja sih, kadang bisa timbul rasa iri dengki sama orang yang nebeng ikut kita padahal dia ga bersumbangsih apa pun. Baper biasanya suka muncul kalo kita lagi mumet dan udah buntu mau lanjutin itin kita, "ah, uda gue yang cape2 buat, dia cuma nebeng, males d!" Ini bukan lagi ngomongin itung-itungan, cuma kadang bisa baper kayak gitu. 

Terus pasti bakal muncul pertanyaan dari kalian, "Uda tau gitu ngapain diajak sih?". Nah, kadang kita kan pergi sama temen deket atau keluarga kita kan, masa iya kita suru dia stay karena ga bantuin. Atau kadang tetep ngotot mau ngerjain sendiri karena cara kerja kamu beda sama dia, kamu terbiasa kerja rapi dan super detil, sedangkan si dia cuma sekedarnya aja, daripada ribut, mending dikerjain sendiri kan? Hayo, siapa yang sama pengalamannya kayak aku? :D

4. Tidak semua informasi bisa didapat dengan mudah
Ini berlaku buat negara yang ga gitu familiar buat dikunjungi karena ga ada infonya alias no one's blogging this country. Kalau pun ada, mungkin dengan bahasa mereka. Sejauh ini sih pengalaman nyari itin paling susah yang pernah aku alamin adalah waktu ke Taiwan, gile bo, superrrb!! Ada sih yang posting tapi bahasa Mandarin, kalo baca dikit sih gak apa, kalo panjang males juga, pake google translate sulit karena isi posting-an bahasa gahul mereka, kayak kita suka pake kata "alay, cape d!". Unfortunately, si om google belum sepandai itu. Jadi ya gitu deh...

5. Wasting time
Kadang kalo uda mau nyerah alias bodo amat karena ngerasa lama banget waktunya abis cuma buat nyari informasi di mana dan gimana cara pergi dari 1 kota ke kota lain. Uda cari sana sini ga dapet, email tempat bermain ga update, ah, ada-ada aja! Terus mulai ngitung-ngitung, kemarin aja pas nyari tempat wisata di Taipei ga sampe sehari langsung bisa, ini kok pas di Hua Lian cuma dikit sih? Transportnya gimana? Udah 2 hari nyari ga nemu-nemu, oke deh, skip aja - nah nah pikiran kayak gini nih yang bisa muncul kalo ngerasa waktunya uda terbuang percuma.

Oke, sekarang hal positif yang aku dapetin dengan nyusun travelling ala utin alias nyusun sendiri. Here we go!

6. Getting mature
Apa hubungannya coba nyusun itin sama nambah dewasa? Asli penulis lebay, eits, eits. Nanti dulu, ini beneran lho, ga lebay dan nyata adanya. Bakal jadi nambah dewasa karena kamu bakal dituntut untuk bijak bagi waktu dan ngorbanin hal-hal ga penting. As i said before, there is no growth in comfort zone. Kamu akan berpikir gimana cara supaya bisa dapet informasi yang jelas, misal dengan join grup backpacker di FB, tiba-tiba sok SKSD nanya sama orang yang pernah pergi ke sono (terpaksa karena minim resources), kamu dituntut untuk berpikir yang ga biasa demi tercapainya itin yang sempurna :p

7. Unforgetable moments
Kenapa ga terlupakan? Karena aku pernah kelewatan dalam memprediksi waktu dan akhirnya berakibat fatal, but thank God kita gak apa dan selamat sampai tempat kita sampai. Nanti akan aku bahas lebih lanjut sesuai itin yang rencananya bakal aku bagiin sedikit demi sedikit.

Pengalaman tersesat juga pernah sih, coba kalo kamu ikut tur apa mungkin bisa tersesat? Kita sih ga bakal tapi kalo supir bis bisa aja sih, hehe. Pengalaman unik kayak gitu yang buat aku ga bisa lupa dan akan selalu dikenang.

8. Budget aman terkendali
Because it's our own itin jadi kita bebas ngatur mau ngeluarin budget berapa, tentu di luar uang belanja yang emang uda di-budget-in atau kadang di luar budget kalo lagi kalap. Tiket wahana bermain atau masuk tempat wisata biasanya bisa di-browsing dan didapatkan dari Jakarta, sekarang aplikasi banyak bermunculan dan bersaing dalam memberikan harga terbaik versi mereka.

9. Super proud of yourself
Penulis ga bermaksud sombong ya, tapi jujur deh sama kalian yang hobi nyusun itin sendiri. Ada rasa puas tersendiri yang gimana gitu kalo uda berhasil mewujudkan susunan mimpi yang ada di excel kita. Jujur itu aku alamin, rasanya bangga banget begitu terwujud tanpa kendala (walau ini ga bisa 100%), tapi paling enggak rombongan tur puas dengan servis si guidenya (Cie, mulai sok de, baiklah lanjut aja sebelum penulis terbang ke awan alias sombong :p)

10. Time freedom
This is the very best part of arranging your own itin for travelling! Gila, bebas sebebas-bebasnya, mau gelayutan sampai subuh (ga mungkin sih :p), mau seharian leye-leye di hotel (ini juga ga mungkin T_T), kamu bebas ngatur mau sampai kapan waktunya diabisin di 1 tempat dan lainnya. Ga perlu buru-buru foto, kamu bisa santai sambil retake foto beribu-ribu kali (sampai gigi kering kalo perlu, haha). Ga perlu buru-buru makan karena bisa dinikmati dan bebas banget milih tempat makan yang kamu mau, as we know kalo ikut tur makannya juga uda diatur demi kelancaran dan teraturnya acara di satu hari itu.

Well, aku uda bagiin nih dengan lengkap plus minusnya buat itin sendiri yang sekali lagi pure dari pengalamanku sendiri. Berikutnya aku akan bahas apa yang akhirnya menjadi pilihanku, tour travelling atau making my own itin? Mungkin kalian punya plus minusnya sendiri ketika buat itin? Boleh berbagi sama aku di kolom komentar di bawah ya. Happy weekend all..

0 komentar:

Post a Comment